6 Strategi Digital Marketing Untuk Bisnis Kecil

Spread the love

Digital marketing merupakan bentuk pemasaran yang dilakukan dengan menggunakan sosial medial sehingga dapat dikenal secara luas oleh masyarakat. Banyak strategi yang dapat kita lakukan untuk menciptakan media marketing yang efektif dan efisien.

6 Strategi Sosial Media Marketing

Menggunakan sosial media untuk keperluan pemasaran suatu bisnis dapat memberikan banyak manfaat bagi pemilik bisnis terutama bisnis dengan skala yang masih kecil. Bisnis kecil masih memerlukan banyak perkembangan dan inovasi secara terus menerus untuk meningkatkan penjualan. Berikut strategi sosial media marketing yang dapat digunakan bagi kamu yang sedang merintis bisnis.

  1. Menentukan Tujuan Penggunaan Sosial Media Marketing

Hal utama yang harus kamu lakukan ketika akan menggunakan sosial media sebagai media untuk marketing, pastikan bahwa kamu sudah menentukan tujuan yang jelas, terarah, dan realistis. Dengan tujuan yang jelas akan memudahkan kamu dalam melakukan langkah selanjutnya. Pemasaran melalui sosial media pun lebih efisien dan terarah.

Pada umumnya, tujuan penggunaan sosial media marketing yaitu untuk meningkatkan kesadaran merek produk atau jasa yang ditawarkan. Biasanya, hanya dengan melihat logo atau simbol sebuah produk tertentu kita sudah dapat mengetahui produk apa yang dijual, itulah salah satu contoh bentuk kesadaran merek.

  1. Menentukan Target Konsumen Potensial

Menentukan target konsumen potensial merupakan salah satu cara agar promosi yang dilakukan oleh pemilik bisnis kecil yang baru merintis dapat diterima sesuai sasaran. Sebagai pemilik bisnis kamu perlu mempunya kriteria dan mengenal karakter ideal calon konsumen. Dengan mengenal karakter dan kriteria konsumen, maka kamu dapat mempengaruhi orang-orang yang berpotensi sebagai konsumen untuk membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Ada banyak pilihan platform yang mendukung bisnis kamu, seperti contoh Facebook yang memiliki fitur setup seotagging untuk mengajak teman-teman atau calon konsumen potensial kamu. Dengan menentukan target konsumen potensial akan membantu kamu mempermudah promosi pada sosial media marketing.

  1. Membuat Konten Menarik dan Kekinian

Konten yang menarik dan kekinian dapat meningkatkan calon konsumenmu. Konten yang biasanya paling banyak digunakan oleh para pemilik bisnis adalah konten-konten yang mengandung giveaway. Buatlah konten giveaway yang menarik perhatian dan kekinian sehingga followers kamu akan merasa tertarik untuk mengikuti konten-kontenmu.

Buatlah followersmu menyukai dan berkomentar pada postingan atau konten giveawaymu. Jangan lupa untuk memberikan hadiah bagi mereka yang terpilih sebagai pemenang giveaway. Selain dapat meningkatkan kesadaran merek bisnismu, hal itu juga dapat membentuk citra positif bagi brand atau merek produk/jasa kalian.

  1. Mengatur Jadwal Posting Konten

Salah satu strategi agar penggunaan sosial media marketing tepat sasaran, maka kamu wajib mencoba untuk mengatur jadwal postingan konten bisnismu. Sebagai pemilik bisnis kamu perlu membuat planing atau rencana mengenai konten-konten yang akan kamu posting di sosial media. Dengan membuat rencana seperti tema konten, target konten, informasi apa saja yang ada dalam konten, karakteristik calon konsumen, dan lainnya maka akan membuat kontenmu lebih tertata rapi.

  1. Membatasi Penggunaan Platform

Tersedianya banyak platform sosial media yang dapat kamu manfaatkan sebagai media digital marketing akan membantu meningkatkan eksistensi bisnis yang kamu miliki. Banyaknya platform sosial media mungkin akan membuat kamu bingung terutama saat mengelolanya.

Sebagai pemilik bisnis kecil yang baru merintis alangkah baiknya jika kamu tentukan beberapa platform paling potensial untuk meningkatkan bisnismu. Fokuslah pada beberapa platform yang menurutmu banyak digunakan oleh teman-temanmu sehingga tidak membuang-buang waktumu.

  1. Menganalisis dan Mengevaluasi

Jangka waktu yang ideal untuk menganalisis sosial media yang digunakan yaitu sekitar satu atau dua minggu setelah konten diposting. Dengan adanya hasil analisis akan mempermudah pemilik bisnis untuk melakukan evaluasi pada sosial media yang digunakan sebelumnya. Dengan mengetahui hasil evaluasi, maka dapat digunakan sebagai acuan untuk memperbaiki kekurangan merencanakan strategi digital marketing yang lebih efektif untuk digunakan ke depannya.

Rekomendasi Platform Sosial Media Marketing

Berikut beberapa rekomendasi platform yang dapat kamu manfaatkan sebagai marketing digitalmu.

  • TikTok

Aplikasi yang meledak pada tahun 2019-an ini memiliki jumlah pengguna mencapai 1 miliar orang. Sebagai platform yang sangat populer dapat kamu jadikan sebagai sosial media marketing yang dapat menjangkau seluruh kalangan.

  • Facebook

Memiliki jumlah pengguna hingga 2,9 miliar orang menjadikan Facebook sangat berpotensi sebagai platform yang dapat menjangkau target konsumen secara luas. Kamu dapat memanfaatkan sosial media marketing melalui Facebook ini untuk mempromosikan bisnis milikmu.

  • Instagram

Jumlah pengguna platform Instagram kini mencapai 1,4 miliar dan sebagian besar pengguna Instagram ini ialah kalangan muda-mudi. Platform ini cocok digunakan sebagai media marketing dengan target konsumen kalangan muda. Fitur-fitur yang tersedia di platform Instagram juga sangat banyak sehingga dapat kamu manfaatkan secara maksimal.