Rekomendasi Akun Instagram Sebagai Referensi Pembelajaran

Spread the love

Pendidikan merupakan prioritas utama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui tahapan belajar dan mengajar. Pesatnya perkembangan teknologi saat ini tentu memberikan kemudahan dalam memperoleh pengetahuan dan wawasan baru. Instagram merupakan bagian dari kecanggihan teknologi yang dapat dijadikan rujukan dalam belajar.

Berbagai hasil kreativitas seorang konten kreator telah dibagikan dalam bentuk foto maupun video. Belajar menggunakan media sosial seperti Instagram telah menjadi pedoman utama oleh sebagian pengguna Instagram. Hal ini dikarenakan Instagram telah merangkum semua materi menjadi sebuah foto atau video pendek yang dapat dibaca dalam waktu singkat.

16 Rekomendasi Akun Tentang Pendidikan Dan Pengetahuan

Dari berbagai akun yang ada di Instagram saat ini, yang banyak mengandung auto likes Instagram adalah akun yang bersifat hiburan dikarenakan Instagram memang bertujuan sebagai media hiburan. Namun dari beberapa aku yang ada pada Instagram banyak juga akun yang bersifat mendidik. Berikut ini akan kami bagikan rekomendasi akun yang dapat dijadikan sebagai pedoman belajar.

  1. Chemistry_etc

Chemistry merupakan akun Instagram yang menampilkan berbagai informasi visual yang berkaitan dengan ilmu Pengetahuan Alam lebih spesifiknya tentang pelajaran kimia. Akun ini menampilkan materi yang berbentuk foto secara ringkas mulai dari info grafis kimia dan beberapa ilmu kimia lain ya. Saat chemistry_etc sudah mengupload lebih dari 300 foto dan memiliki 18,7 ribu pengikut.

  1. id

Astronesia merupakan akun Instagram yang memberikan informasi seputar info astronomi dan peroketan. Akun ini berisi tentang perjalanan sebagai seorang astronot, keberangkatan roket kondisi antariksa dan galaksi yang dibungkus menjadi beberapa foto dan Reels. Akun ini telah memposting 400 foto dan video dengan total pengikut saat ini 16,6 ribu.

  1. Kimia_pedia

Kimia_pedia merupakan akun Instagram yang fokus terhadap pembahasan mengenai pendidikan kimia. Dalam postingan akun ini banyak merangkum teori dan praktik unsur kimia senyawa dalam bentuk foto maupun video Reels. Selain itu akun ini telah mengunggah lebih dari 300 konten dan 14,3 ribu followers yang juga dilengkapi dengan berbagai kuis.

  1. Bumilogi

Bumilogi merupakan akun yang membahas mengenai seputar pengetahuan umum yang ada di Indonesia yang dirangkum dalam bentuk data. Berbagai pengetahuan umum mulai dari geografi, antropologi dan juga antariksa sudah ditampilkan dalam bentuk rangking data. Akun ini sudah memposting lebih dari 350 foto dan memiliki followers 53,6 ribu.

  1. Saintifcom

Saintifcom merupakan akun yang membagikan tentang Ilmu Pengetahuan Alam yang menjawab pertanyaan seputar kejadian sains yang ada di lingkungan sekitar. Semua jawaban yang ada dalam pertanyaan followers akan dirangkum dalam bentuk foto dengan jumlah total upload 323 foto dan jumlah followers sudah mencapai 74,2 ribu.

  1. Ayomikir

Ayomikir merupakan akun yang membagikan jawaban tentang hoax yang beredar dalam masyarakat. Jawaban itu tentang isu keagamaan, ras, politik dan kebudayaan yang terangkum dalam cuplikan video pendek yang dibuat menarik. Saat ini Ayomikir sudah memposting 592 foto dan Reels dengan 62,3 ribu.

  1. Warstek_com

Warstek atau singkatan dari warung sains dan teknologi dimana dalam akun ini telah membagikan tentang fenomena alam yang dijelaskan dengan cara ilmiah, mulai dari tanah tumbuhan sampai dengan kejadian luar angkasa. Akun ini telah membagikan dengan total foto dan video sebanyak 3.839 dan telah mempunyai 103 ribu.

  1. Sainspopid

Sainspopid atau sains populer merupakan akun Instagram yang membahas mengenai pendidikan sains. Akun ini membahas dan merangkum kejadian sains yang spesifik tentang keadaan tubuh atau anatomi manusia yang dirangkum dalam bentuk foto maupun video. Akun ini telah membagikan konten sebanyak 446 dan memiliki 26 ribu followers.

  1. id

Kelaspsikologi merupakan akun Instagram yang membagikan tentang pendidikan psikologi dan seputar karier mental. Akun ini merangkum berbagai masalah psikologi dan mental dari mulai konsep pemikiran, penalaran sampai dengan cara mengambil keputusan. Akun ini telah upload 420 foto dan video serta mempunyai 16,9 ribu followers.

  1. Paleontologi_id

Paleontologi merupakan akun Instagram yang membagikan rangkuman tentang kehidupan pada masa purbakala. Akun ini membahas mengenai kehidupan ekosistem hewan serta manusia yang dibahas singkat menggunakan foto. Akun ini dianggap masih baru karena hanya memiliki 2.392 followers dan jumlah upload foto mencapai 100 foto.

  1. Sekolah Desain ID

Sekolahdesain_ID merupakan akun Instagram yang membagikan tentang belajar menjadi desain grafis. Rangkuman yang diberikan adalah tutorial mengenai cara memilih warna, gambar dan ilustrasi yang menarik dalam suatu konten. Akun ini telah memiliki 338 ribu followers dan juga 1.814 konten yang dibagikan terdiri dari foto dan Reels.

  1. Membetulkan

Membetulkan merupakan akun Instagram yang membagikan bagaimana cara menyusun kalimat dengan memilih kata yang baik dan benar. Akun ini membahas mengenai padanan kata, penggunaan huruf vokal dan diksi kata dalam membentuk sebuah kalimat. Akun ini telah memiliki 588 foto yang dibagikan dan juga 16,4 ribu followers.

  1. Language Center

Language Center adalah akun yang membagikan tentang belajar bahasa inggris. Akun ini telah merangkum materi bahasa inggris mulai dari kosa kata, cara pengucapan, penulisan dan masih banyak lagi yang lainnya. Akun ini sudah 7.594 postingan yang terdiri dari foto dan video serta memiliki 1.1 juta followers sudah centang biru yang artinya murni tidak memakai bot atau auto likes Instagram.

  1. Kokiku TV

Kokiku TV merupakan akun Instagram yang membagikan tentang belajar masak-memasak. Konten yang dibagikan tidak hanya memasak saja tetapi juga berkaitan dengan resep-resep baru yang ditampilkan dalam bentuk foto maupun Reels. Kokiku sudah mempunyai lencana biru dengan total followers mencapai 325 ribu dan 6.533 postingan.

  1. Math Q&A

Math Q&A atau pertanyaan dan jawaban matematika ini merupakan akun yang membagikan seputar pertanyaan dan jawaban yang disertai cara penyelesaiannya. Akun ini sudah mempunyai 220 ribu pengikut dengan total postingan mencapai 1.177. Yang menarik dalam akun ini adalah selalu ada latihan baik soal maupun quiz kecil setiap harinya.

  1. Hukum Online

Hukum online merupakan akun Instagram yang membahas tentang hukum yang ada di Indonesia. Untuk macam pembahasannya tidak melulu tentang teori hukum akan tetapi tentang penerapan dari aturan yang telah berlaku. Akun ini memiliki followers sebanyak 369 ribu dan memiliki 7.182 postingan yang terdiri dari foto dan juga video.

Cara Memilih Akun Sebagai Pedoman Belajar

  1. Memiliki kandungan informasi
  2. Konten mengandung pengetahuan
  3. Selalu update konten terbaru
  4. Konten bersifat mendidik
  5. Memiliki followers dan like yang banyak

Dari beberapa syarat di atas yang menjadi tolak ukur semua orang adalah jumlah followers dan like jadi apabila kamu membutuhkan jumlah like Instagram kamu bisa mengunjungi auto likes Instagram.   Dari beberapa pernyataan di  atas dapat menarik kesimpulan bahwa media sosial tidak sepenuhnya mengandung dampak negatif untuk penggunanya. Semuanya bisa dimanfaatkan dengan baik apabila kita menyadari adanya teknologi bukan hanya media hiburan saja melainkan berubah menjadi pembelajaran online yang lebih efektif dan efisien.