5 Dampak Positif Media Sosial Bagi Pelajar

Spread the love

Media sosial sebagai alat komunikasi yang saat ini memegang peranan penting pada berbagai lini kehidupan kita. Kemudahan dalam mengakses berbagai platform sosial media dapat dilakukan oleh siapa saja. Hampir semua kalangan masyarakat kini hidup berdampingan dengan sosial media, salah satunya yaitu para pelajar.

Proses Pembelajaran di sekolah sudah banyak yang menggunakan sosial media agar pelajar tidak jenuh dalam melaksanakan pembelajaran. Berbagai kegiatan dalam kehidupan kita kini tidak dapat dipisahkan oleh teknologi slah satunya yaitu sosial media.

Apa Itu Sosial Media?

Media sosial dapat diartikan sebagai salah satu platform digital yang terdapat aktivitas sosial di dalamnya. Penggunaan sosial media dengan tepat dapat dimanfaatkan sebagai sarana untuk mendukung pertukaran informasi yang bisa didapatkan dengan cepat. Beberapa jenis platform yang saat ini populer digunakan oleh masyarakat luas yaitu Instagram, WhatsApp, TikTok, Facebook, dan masih banyak lagi.

Dampak Positif Penggunaan Media Sosial Bagi Pelajar

Meski sering dikaitkan dengan dampak negatif, namun penggunaan media sosial dengan bijak akan memiliki banyak dampak positif terutama pada kalangan pelajar. Memanfaatkan berbagai sosial media sesuai dengan kebutuhan kita tentunya akan memberikan keuntungan tersendiri. Berikut dampak positif penggunaan sosial media bagi pelajar.

  • Meningkatkan kreativitas

Memanfaatkan sosial media dengan benar, salah satunya dapat meningkatkan kreativitas bagi pelajar. Dengan melihat ribuan ide-ide yang tersedia di sosial media menjadikan para pelajar dapat mencari referensi ide untuk mengembangkan kreativitasnya. Salah satu contohnya yaitu pada bidang fotografi, platform seperti Pinterest akan memunculkan referensi ide tentang fotografi yang dapat digunakan oleh pelajar yang membutuhkan.

  • Media Untuk Bersosialisasi

Kegiatan bersosialisasi kini tidak hanya dilakukan secara langsung, namun bersosialisasi juga dapat dilakukan secara virtual atau online. Hal tersebut sangat berguna bagi para pelajar sehingga mereka dapat bersosialisasi dengan siapa saja dan dimana saja. Para pelajar juga dapat melakukan komunikasi dengan orang-orang di berbagai negara untuk melatih kemampuan bahasanya.

  • Meningkatkan Prestasi

Manfaat lainnya yang dapat dirasakan bagi para pelajar yaitu sosial media sebagai wadah untuk meningkatkan prestasi dan pengetahuan melalui informasi dan data yang dapat dicarinya dengan memanfaatkan platform yang tersedia. Sosial media dapat membantu pelajar yang sedang mengumpulkan informasi untuk kepentingan tugas atau mata pelajarannya. Semakin banyaknya informasi yang didapat maka akan mempermudah para pelajar untuk mendalami pengetahuan.

  • Mendapatkan Informasi yang Akurat dan Bermanfaat

Penggunaan sosial media akan mempermudah bagi siapa saja yang sedang mencari berbagai informasi terutama para pelajar. Mencari informasi di berbagai platform dapat disesuaikan dengan informasi apa yang kamu inginkan dan butuhkan. Sebagai pelajar, kamu dapat menemukan informasi yang bermanfaat dan mendukung pembelajaranmu.

  • Menciptakan Motivasi Belajar Online

Tersedianya berbagai platform sosial media juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu motivasi belajar online bagi para pelajar. Berbagai akun-akun belajar di sosial media banyak menyediakan informasi yang menarik dan tentunya tidak membosankan mengenai materi-materi pembelajaran. Hal tersebut dapat menciptakan dan meningkatkan motivasi pelajar untuk belajar secara mandiri di berbagai platform yang menyediakan akun pembelajaran.

Sosial Media yang Dimanfaatkan Untuk Proses Pembelajaran

Untuk meningkatkan proses pembelajaran sehingga dapat menarik perhatian dan keingintahuan para pelajar, berikut rekomendasi platform sosial media yang dapat digunakan untuk mendukung proses pembelajaran.

  • Facebook

Fitur Group pada Facebook dapat digunakan untuk mendukung belajar kelompok sehingga pelajar tidak perlu lagi melakukan aktivitas tatap muka untuk belajar kelompok. Dengan bantuan platform Facebook ini, kamu dapat belajar bersama teman-temanmu di rumah saja. Kamu dapat mendiskusikan berbagai informasi maupun berbagi tips dalam belajar.

  • Google Hangout

Google Hangout merupakan salah satu platform yang dapat digunakan untuk melakukan video ataupun chat dengan banyak orang sehingga dapat membantu pelajar yang tidak dapat hadir supaya bisa tetap mengikuti pembelajaran.

  • Youtube

Youtube merupakan platform atau situs web yang dapat digunakan untuk berbagi video. Platform ini dapat dimanfaatkan oleh para pelajar untuk mencari video-video yang mendukung pembelajarannya.

  • TikTok

Saat ini banyak pembelajaran yang memanfaatkan platform ini sebagai salah satu media yang menarik untuk digunakan. Banyak pelajar SMP ataupun SMA yang membuat video tugas pembelajaran dan diunggah di TikTok supaya dapat ditonton dan sebagai proses tukar informasi dengan pelajar lainnya.

  • Situs Website

Website berisi informasi yang dapat dibaca oleh siapa saja yang membutuhkan dan mencari informasi tersebut. Beberapa rekomendasi website yang dapat dimanfaatkan oleh para pelajar yaitu Duolingo, rumah belajar, dan TED-Ed serta masih banyak lainnya.

Itulah beberapa informasi mengenai dampak positif penggunaan sosial media bagi pelajar. Sosial media memang seperti mata pisau yang kedua sisinya memiliki ketajaman yang sama. Dampak positif yang terdapat pada penggunaan sosial media juga tak luput dari adanya berbagai dampak negatif . Untuk itu gunakanlah sosial media dengan bijak sesuai kebutuhanmu.