Cara Menambahkan Centang Biru Instagram

Spread the love

Jumlah pengguna Instagram terhitung tahun 2022 di seluruh dunia sudah mencapai 1,45 miliar orang. Dengan banyaknya pengguna aplikasi ini, pihak Instagram telah menerapkan verifikasi akun yang telah memenuhi syarat dengan melabelkan centang biru pada setiap akun yang lolos verifikasi. Dengan hadirnya centang biru tersebut bertujuan untuk membedakan akun resmi dan akun palsu.

Mungkin kamu pernah melihat beberapa akun yang sudah memperoleh centang biru. Untuk mendapatkan verifikasi centang biru ternyata tidaklah mudah, pihak Instagram telah memfilter akun yang sesuai dengan kualifikasi misalnya, selebriti, seniman, atlet, brand ternama, publik figur dan juga selebriti Instagram.

Syarat Mendapatkan Centang Biru

Selain kualifikasi di atas, Instagram telah membuat persyaratan secara khusus kepada pemilik akun yang mau mendaftarkan diri untuk diverifikasi selain dari mematuhi seluruh ketentuan dan pedoman aplikasi Instagram. Adapun syarat yang harus dipenuhi bagi kamu yang mau mendaftarkan diri sebagai akun centang biru adalah sebagai berikut.

  1. Akun Asli

Syarat dari akun mendapatkan centang biru yang pertama adalah akun yang didaftarkan merupakan akun pemilik asli, original jika yang didaftarkan adalah akun brand terkenal maka dengan menggunakan identitas pemilik akun yaitu dengan mengaktifkan akun bisnis. Karena pihak Instagram akan memverifikasi dengan ketat seluruh pengguna yang memiliki akun dengan identitas ganda.

  1. Memiliki Keunikan

Keunikan yang dimaksud adalah apabila kamu telah memiliki satu bisnis atau satu karya yang mau didaftarkan maka kamu hanya memilih satu akun saja. Akan tetapi, pihak Instagram telah memberikan kelonggaran dengan cara kamu mendaftarkan satu identitas dengan dua akun namun menggunakan bahasa yang berbeda. Yang perlu kamu ingat adalah bahwa Instagram memberikan keunikan yang memiliki sifat umum misalnya akun komedi dan akun meme lucu.

  1. Identitas Telah Lengkap

Periksalah kembali identitas kamu jika mau mendaftarkan diri menjadi akun resmi, kamu dapat melihatnya pada bagian biodata atau profil. Periksalah di bagian bio, foto profil akun tidak dikunci serta telah mengisi informasi kontak dan website kamu. Perlu diingat bahwa data yang kamu isi adalah data yang terbaru, karena pihak Instagram akan mengecek keaslian data kamu dengan bantuan Google.

  1. Akun Terkenal

Pihak Instagram akan melihat algoritma pencarian publik tentang seberapa banyak orang lain mencari akun kamu, jika kamu merupakan orang terkenal maka kamu bisa lolos verifikasi. Instagram akan memverifikasi orang yang memiliki followers atau pengikut yang banyak, hal tersebut dikarenakan akun tersebut memiliki kemungkinan untuk dipalsukan oleh orang lain.

Sering menimbulkan pertanyaan bahwa berapa followers agar sebuah akun bisa mendapatkan verifikasi, apakah harus memiliki 10.000 followers? Setelah kamu memenuhi syarat di atas kamu memiliki kemungkinan lolos verifikasi walaupun akun kamu tidak terkenal. Kamu harus mengikuti beberapa langkah yang harus kamu lakukan, agar kamu bisa mengajukan akun kamu ke pihak Instagram.

Cara Mendapatkan Centang Biru Pada Instagram

  1. Buka aplikasi Instagram
  2. Masuk ke profil kamu
  3. Klik titik tiga pada bagian pojok kanan atas
  4. Pilih pengaturan
  5. Pilih kolom akun
  6. Pilih opsi meminta verifikasi
  7. Di bagian ini kamu akan diminta melengkapi identitas diri lengkap. Setelah itu kamu akan diminta melengkapi atau melampirkan beberapa bukti yang diperlukan pihak Instagram
  8. Apabila telah melengkapi berkas verifikasi, kamu segera klik ajukan verifikasi
  9. Tunggu proses peninjauan selesai
  10. Jika akun kamu telah disetujui maka, kamu telah ditambahkan centang biru pada kolom biodata pemilik akun.

Untuk pengajuan akun resmi ini tidak dipungut biaya oleh pihak Instagram, kamu akan menunggu selama 30 hari untuk dilakukan verifikasi oleh pihak Instagram. Namun apabila kamu tidak lolos verifikasi kamu hanya bisa meminta pengajuan akun centang biru setelah menunggu kembali selama 30 hari.

Manfaat Akun Centang Biru

Dari seluruh pengguna Instagram di dunia hanya 20% akun yang telah diverifikasi yang terdiri dari akun pribadi dan akun Brand. Dengan adanya centang biru ini tentu memiliki manfaat sendiri dari pada akun reguler yang belum diverifikasi. Adapun keuntungan yang bisa kamu dapatkan adalah sebagai berikut.

  1. Jumlah Followers Meningkat

Meningkatnya kepercayaan publik terhadap akun resmi kamu tentu mendapat pengikut yang meningkat. Hal tersebut terjadi karena orang sudah mengetahui akun asli kamu sehingga yang awalnya follow di akun palsu kemudian berpindah mengikuti akun yang sudah resmi. Selain itu jumlah followers kamu bisa meningkat karena pihak Instagram telah memberikan keistimewaan di kolom pencarian sehingga memudahkan orang yang akan menemukan akun kamu.

  1. Mendapatkan Fitur Khusus

Fitur baru yang kamu dapatkan adalah fitur swipe up alias link yang dapat kamu sambungkan dengan website kamu. fitur ini biasanya muncul di Insta Story Instagram sehingga memudahkan orang dalam menemukan bisnis atau brand kamu.